December 20, 2018

Peluncuran Produk Pies™ Oleh Pindad Bersama Group Perusahaannya, PGST

Selasa (18/12/2018) Mengutip dari laman instagram milik PT Pindad (Persero) @pt_pindad, Pindad bersama Group perusahaannya, Pindad Global Sources and Trading (PGST) bekerjasama dengan partner bisnis Malaysia, AZTI me-launching Platform Instrusion Emergency Stop (PIES) atau juga dikenal dengan Guideway Intrusion Detection System (GIDS) yang bertempat di Graha Pindad Bandung. PIES merupakan platform sistem pengamanan di bidang transportasi perkeretaapian untuk mendeteksi instrusi manusia di guideway pada LRT/MRT.

Acara peluncuran ini dihadiri oleh Direktur Prasarana Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Bapak Ir. Zamrides M.Si, Ditjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Bapak Harjanto, perwakilan dari Kementerian BUMN, Wakil Komisaris Utama Pindad, Direksi BUMN klaster NDHI, Direktur AZTI Group of Company Malaysia serta para Direktur perusahaan Karya dan Direktur Project Owner sekaligus operator KA.

PIES adalah sistem keamanan pada platform yang terbukti dengan lebih dari 30 tahun catatan operasional yang dapat diandalkan untuk mendeteksi gangguan instrusi penumpang ke area rel di depan platform/emplasemen. PIES mengirimkan isyarat untuk menghentikan kereta yang masuk atau meninggalkan stasiun setelah intrusi terdeteksi. PIES merupakan sistem keamanan yang reaktif dibandingkan dengan Passenger Screen Door (PSD) yang merupakan sistem keamanan preventif. Direktur Utama, Bapak Abraham Mose mengatakan Pindad-AZTI-PGST akan bersama-sama mengembangkan dan memproduksi PIES di fasilitas produksi Pindad untuk kemudian dipasarkan bersama oleh Pindad dengan PGST untuk proyek MRT dan LRT.

Lebih lanjut Bapak Abraham mengatakan produk ini akan memberikan perlindungan kepada para pengguna LRT/MRT dan akan memberikan nilai tambah bagi perusahaan pengelola perkeretaapian, dengan pengoperasian yang mudah dan efisien.

Kelebihan lainnya dari PIES adalah sudah terbukti kualitasnya, sederhana dan andal. PIES telah digunakan diberbagai negara seperti Kanada, Australia, Amerika Serikat dan Malaysia. PIES memiliki potensi yang besar untuk proyek MRT dan LRT di Indonesia.